cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar
ISSN : 25793276     EISSN : 25496174     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (JISD) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan dasar bagi masyarakat akademik. Jurnal ini terbit 4 kali setahun (Februari, Mei, Agustus, November).
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 1 (2019)" : 15 Documents clear
Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping Wulandari, Fitriana Ayu; Mawardi, Mawardi; Wardani, Krisma Widi
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.721 KB) | DOI: 10.23887/jisd.v3i1.17174

Abstract

Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa. Khususnya pada siswa kelas 5 sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Model yang digunakan yaitu model Mind Mapping. Mind Mapping adalah model pembelajaran yang berfungsi untuk menuangkan ide-ide atau gagasan yang menimbulkan percikan-percikan kreatifitas yang diperoleh otak yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa menggunakan model mind mapping. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata persentase yang diperoleh siswa dari tahap pra siklus dengan persentase 28,57% pada kategori sangat kreatif, pada siklus I meningkat menjadi 33,33% pada kategori sangat kreatif dan pada siklus II meningkat menjadi 61,90%. Dengan demikian penerapan model Mind Mapping sangat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dalam penuangan ide-ide baru. 
Penerapan Model Numbered Heads Together Berbantu Dakonmatika Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Yunita Sari, Rachma; Saputra, Henry Januar; Azizah, Mira
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.676 KB) | DOI: 10.23887/jisd.v3i1.17180

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together berbantu media dakonmatika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di SDN Kembangarum 03 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-Experimental Design berbentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas II SDN Kembangarum 03 Semarang. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah sampling jenuh. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas II SDN Kembangarum 03 Semarang yang berjumlah 23 peserta didik. Data diperoleh dari hasil pretest dan hasil posttest peserta didik. Rata-rata nilai pretest adalah 58.87, sedangkan rata-rata nilai posttest adalah 78.913. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t. Hasil analisis akhir dengan menggunakan uji t, didapatkan harga   yaitu 5.524 dan harga   yaitu 2.069 atau  >   maka Ha diterima. Artinya, model Numbered Heads Together berbantu media dakonmatika berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada peserta didik kelas II SDN Kembangarum 03 Semarang
Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Murtiningrum, Weni; Asri Untari, Mei Fita; Tsalatsa, Ahmad Nashir
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.31 KB) | DOI: 10.23887/jisd.v3i1.17175

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektif atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)  terhadap kemampuan membaca siswa kelas IV SD Negeri 1 Ngalian Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen jenis kuantitatif. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Ngalian Kabupaten Wonosobo berjumlah  24 siswa tahun ajaran 2018/2019. Intrumen yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis Data menggunakan Teknis analisis data peneliti menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis (uji-t). Uji normalitas digunakan untuk mengetahui kelas tersebut berdistribusi normal atau tidak. Uji hipotesis  menggunakan uji t-test. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) efektif terhadap kemampuan membaca  kelas IV SD Negeri 1 Ngalian Kabupaten Wonosobo. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil postest lebih tinggi dari hasil pretest selain itu diperkuat dengan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung untuk hasil belajar sebesar 17,68 dan dan ttabel sebesar 2,021 karena thitung (17,68) > ttabel (2,021) maka hal ini menunjukkan bahwa uji t hasil belajar signifikan
Keefektifan Model Saintifik (Scientific) Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Shofiani, Neni
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.895 KB) | DOI: 10.23887/jisd.v3i1.17181

Abstract

Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Saintifik terhadap kemampuan membaca intensif siswa kelas V.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Eksperimental Design dengan One- Group Pretest-Posttest Design. Data dalam penelitian ini di peroleh melalui observasi, angket.dan dokumentasi. Hasil analisis angket hasil belajar siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Saintifik mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil uji-t dketahui  >  atau 9,0507 > 2,021. kesimpulannya model saintifik terbukti efektif terhadap kemampuan membaca intensif siswa.
Keefektifan Metode Practice Rehearsal Pairs Terhadap Kemampuan Bercerita Pambudi, Agung Prastyo; Budiman, Arief
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (596.855 KB) | DOI: 10.23887/jisd.v3i1.17176

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektif atau tidaknya metode pembelajaran Practice Rehearsal Pairs terhadap kemampuan bercerita pada siswa kelas V di SDN Rejosari 03 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design.  Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas V di SDN Rejosari 03 Semarang berjumlah 19 siswa tahun ajaran 2018/2019. Intrumen yang digunakan adalah (1) Wawancara. (2) Dokumentasi dan. (3) Tes. Analisis data menggunakan teknis analisis data uji normalitas dan uji hipotesis (uji-t). Uji normalitas digunakan untuk mengetahui kelas tersebut berdistribusi normal atau tidak. Uji hipotesis  menggunakan uji t-test. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode Practice Rehearsal Pairs efektif terhadap kemampuan bercerita pada siswa kelas V di SDN Rejosari 03 Semarang. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil postest lebih tinggi dari pada pretest. Selain itu diperkuat dengan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung untuk kemampuan bercerita sebesar 18,492 dan ttabel sebesar 1,734 karena thitung (18,492) > ttabel (1,734) maka hal ini menunjukkan bahwa uji t kemampuan bercerita signifikan.
Kelas Sosial Dan Pembelajaran Matematika Siahaan, Meri Fuji; Ani, Yubali
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (515.64 KB) | DOI: 10.23887/jisd.v3i1.17182

Abstract

Materi pengajaran, tingkat kompetensi, dan proses pembelajaran adalah bagian dari kurikulum yang standarnya diatur dalam peraturan pemerintah Indonesia nomor 19, 2005 tentang standar pendidikan nasional. Namun, siswa dengan latar belakang sosial ekonomi terpapar dengan kurikulum matematika yang berbeda dan pengalaman yang condong. Penelitian ini meneliti kurikulum matematika di tiga sekolah dasar dengan latar belakang sosial ekonomi yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini difokuskan pada memeriksa materi matematika dan proses pembelajaran. Kelas sosial dalam penelitian ini diidentifikasi dari tingkat pendapatan orang tua. Studi kasus kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Siswa dan guru interviu, diskusi kelompok terarah dan dokumentasi adalah teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data. Data dianalisis dengan mengelompokkan kata-kata kunci dan mengembangkan tema. Data menunjukkan bahwa ada pengetahuan matematika yang berbeda diajarkan di ketiga sekolah serta pedagogi matematika yang berbeda diterapkan oleh guru. Materi pengajaran, tingkat kompetensi, dan proses pembelajaran adalah bagian dari kurikulum yang standarnya diatur dalam peraturan pemerintah Indonesia nomor 19, 2005 tentang standar pendidikan nasional. Namun, siswa dengan latar belakang sosial ekonomi terpapar dengan kurikulum matematika yang berbeda dan pengalaman yang condong. Penelitian ini meneliti kurikulum matematika di tiga sekolah dasar dengan latar belakang sosial ekonomi yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini difokuskan pada memeriksa materi matematika dan proses pembelajaran. Kelas sosial dalam penelitian ini diidentifikasi dari tingkat pendapatan orang tua. Studi kasus kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Siswa dan guru interviu, diskusi kelompok terarah dan dokumentasi adalah teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data. Data dianalisis dengan mengelompokkan kata-kata kunci dan mengembangkan tema. Data menunjukkan bahwa ada pengetahuan matematika yang berbeda diajarkan di ketiga sekolah serta pedagogi matematika yang berbeda diterapkan oleh guru. 
Pengaruh Pembelajaran Saintifik Think Pair Share (S-TPS) Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 5 SD Fajrin, Oktaviastuti Awalia; Wardani, Naniek Sulistya; Prasetyo, Tego
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.082 KB) | DOI: 10.23887/jisd.v3i1.17177

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran saintifik Think Pair Share (S-TPS) terhadap minat belajar siswa kelas 5 SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan dengan desain quasi experiment research. Teknik pengambilan sampel adalah purposive stratified quota sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas 5A SDN Cebongan 02 sebanyak 22 siswa sebagai kelas kontrol, dan siswa kelas 5B SDN Cebongan 02 sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data non tes menggunakan instrumen berupa angket yang berisi 20 pernyataan. Teknik analisis data adalah uji t, dengan syarat uji t adalah normalitas data pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Normalitas kelas eksperimen dengan Df. 24 dan Sig. 0,251 > 0,05, maka kelas eksperimen berdistribusi normal. Kelas kontrol dengan Df. 22 dan Sig. 106 > 0,05, maka kelas kontrol berdistribusi normal. Homogenitas kedua kelas dengan Sig. 0,781 > 0,05, maka kedua kelas homogen. Uji t dengan hasil Sig. (2-tailed) 0,021 < 0,05, maka terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran S-TPS terhadap minat belajar siswa kelas 5 SD, dan hasil t-hitung 2,399 > 2,067 t-tabel, maka terdapat perbedaan pembelajaran S-TPS terhadap minat belajar siswa kelas 5 SD
Keefektifan Model Pembelajaran ICM dan Bertukar Pasangan Berbantuan Media Kartu Angka terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Rini, Novia Puspita; Shodiqin, Ali; Damayani, Aries Tika
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.794 KB) | DOI: 10.23887/jisd.v3i1.17173

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pecahan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design bentuk Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV pada SD Negeri Sumberejo, SD Negeri Harjowinangun, SD Negeri Beganjing. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis simple random sampling. Sampel yang terpilih yakni kelas IV SD Negeri Sumberejo, SD Negeri Harjowinangun sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes uraian yang diberikan melalui posttest. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa 1) perhitungan uji hipotesis 1 diperoleh Fhitung = 7,134 > Ftabel = 3,23 maka terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran ICM berbantu media kartu angka, model pembelajaran Bertukar Pasangan berbantu media kartu angka dan konvensional, 2) perhitungan hipotesis 2 diperoleh thitung = 4,210 > ttabel = 1,697 maka kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model ICM berbantu media kartu angka lebih efektif daripada pembelajaran konvensional, 3) perhitungan uji hipotesis 3 diperoleh thitung = 2,036 > ttabel = 1,697 maka kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model Bertukar Pasangan berbantu media kartu angka lebih efektif daripada pembelajaran konvensional, 4) perhitungan uji hipotesis 4 diperoleh thitung = 1,700 > ttabel = 1,697 maka kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model ICM berbantu media kartu angka lebih efektif daripada pembelajaran Bertukar Pasangan berbantu media kartu angka. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model ICM dan Betukar Pasangan berbantu media kartu angka efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV Sekolah Dasar
Efektivitas Implementasi Strategi Enjoyable Learning berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Permulaan Peserta Didik Sekolah Dasar Bayu, Gede Wira; Eka Wahyuni, Luh Gede; Arini, Ni Wayan
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (608.223 KB) | DOI: 10.23887/jisd.v3i1.17178

Abstract

Penelitian ini didasari atas rendahnya hasil belajar belajar Bahasa Inggris disekolah dasar khususnya setelah implementasi kurikulum 2013 dimana waktu pembelajaran bahasa inggris jauh berkurang dari 4 jam pelajaran seminggu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi hanya 2 jam pelajaran seminggu pada kurikulum 2013. penelitian pre-eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Data pada penelitian ini didapatkan dengan metode wawancara dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil perhitungan nilai thitung sebesar 5,34. Untuk mengetahui nilai ttabel dengan derajat kebebasan (dk) = 44 taraf signifikansi (α)= 0,05 diperoleh nilai ttabel= 2,023. Dengan membandingkan nilai thitung dan ttabel diperoleh perbandingan thitung>ttabel ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dan dari rata-rata  , diketahui   kelompok eksperimen sebesar 20,86 dan   kelompok kontrol sebesar 15,18. Hal ini berarti   eksperimen >   kelompok kontrol. Dengan demikian strategi strategi Enjoyable Learning berbantuan media audio visual berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas II SD Penerapan Kurikulum 2013 di Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019
Metode Role Playing dalam Peningkatkan Keterampilan Bercerita Pengalaman Jual Beli pada Siswa Sekolah Dasar Bahtiar, Reza Syehma; Suryarini, Diah Yovita
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.352 KB) | DOI: 10.23887/jisd.v3i1.15651

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena pada pembelajaran saat ini, siswa dipandang sebagai subjek yang berkembang melalui pegalaman belajar sedangkan guru lebih berperan sebagai fasilitator dan motivator belajar bagi siswa, membantu dan memberikan kemudahan agar siswa mendapatkan pengalaman belajar sesuai dengan kemampuannya. Namun yang terjadi selama ini, banyak guru yang mendominasi kegiatan pembelajaran sehingga siswa kurang terlibat partisipasinya dan kurang mendapatkan pengalaman yang bermakna. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur penerapan metode Role Playing dalam meningkatkan keterampilan bercerita pengalaman kegiatan jual beli di pasar tradisional dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan bercerita pengalaman kegiatan jual beli di pasar tradisional setelah diterapkan metode Role Playing. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dan wawancara. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Tahap analisis data tersebut mencakup data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah meningkatnya keterampilan bercerita pengalaman kegiatan jual beli di pasar tradisional melalui metode role playing. Hasil lain yang diharapkan dari penelitian ini adalah terpublikasinya penelitian yang sudah dilaksanakan pada jurnal nasional ber ISSN serta kegiatan temu ilmiah tingkat nasional.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 7 No 3 (2023): Agustus Vol 7 No 2 (2023): May Vol 7 No 1 (2023): February Vol 6 No 2 (2022): May 2022 Vol 6 No 1 (2022): February 2022 Vol 6, No 1 (2022): February 2022 Vol 6 No 4 (2022): November Vol 6 No 3 (2022): August Vol 5, No 4 (2021): November 2021 Vol 5 No 4 (2021): November 2021 Vol 5 No 3 (2021): August 2021 Vol 5, No 3 (2021): August 2021 Vol 5 No 2 (2021): May 2021 Vol 5 No 1 (2021): February 2021 Vol 5, No 4 (2021): November Vol 5, No 3 (2021): Agustus Vol 5, No 2 (2021): May Vol 5, No 1 (2021): February Vol 4 No 4 (2020): November 2020 Vol 4 No 3 (2020): August 2020 Vol 4, No 2 (2020): Mei 2020 Vol 4 No 2 (2020): May 2020 Vol 4, No 1 (2020): February 2020 Vol 4 No 1 (2020): February 2020 Vol 4, No 4 (2020) Vol 4, No 4 (2020): November Vol 4, No 3 (2020): Augustus Vol 3 No 4 (2019): November 2019 Vol 3, No 4 (2019): November 2019 Vol 3, No 3 (2019): Agustus 2019 Vol 3 No 3 (2019): Agustus 2019 Vol 3 No 2 (2019): Mei 2019 Vol 3 No 1 (2019): Februari 2019 Vol 3, No 3 (2019) Vol 3, No 2 (2019) Vol 3, No 1 (2019) Vol 2 No 4 (2018): November 2018 Vol 2, No 4 (2018): November 2018 Vol 2 No 3 (2018): Agustus 2018 Vol 2, No 3 (2018): Agustus 2018 Vol 2 No 2 (2018): Mei 2018 Vol 2, No 2 (2018): Mei 2018 Vol 2, No 1 (2018): Februari 2018 Vol 2 No 1 (2018): Februari 2018 Vol 1, No 4 (2017): November 2017 Vol 1 No 4 (2017): November 2017 Vol 1 No 3 (2017): Agustus 2017 Vol 1, No 3 (2017): Agustus 2017 Vol 1 No 2 (2017): Mei 2017 Vol 1, No 2 (2017): Mei 2017 Vol 1 No 1 (2017): Februari 2017 Vol 1, No 1 (2017): Februari 2017 More Issue